Show simple item record

dc.contributor.advisorMULYADI, Santoso
dc.contributor.advisorSUTJAHJONO, Hary
dc.contributor.authorDEWI, Shinta Arisanthi
dc.date.accessioned2019-05-09T07:29:16Z
dc.date.available2019-05-09T07:29:16Z
dc.date.issued2019-05-09
dc.identifier.nim17190310116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90838
dc.description.abstractKendaraan memiliki tingkat efisiensi yang berbeda karena masing-masing kendaraan memiliki perbedaan perancangan dan teknologi yang diterapkan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Juhala, (2014) massa, hambatan aerodinamis, dan rolling resistance memiliki peranan penting untuk meningkatkan kinerja sari suatu kendaraan.Rolling resistance merupakan tahanan terhadap roda yang akan dan telah menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan. Terdapat beberapa factor yang berpengaruh terhadap nilai rolling resistance yaitu permukaan jalan, berat kendaraan, bantalan dan transmisi serta permukaan kontur ban. Bantalan (bearing) merupakan salah satu bagian dari elemen mesin yang berfungsi untuk menahan beban pada saat dua elemen mesin saling bergerak (Sularso, 1997). Setelah mengamati dan mempelajari penelitian-penelitian sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak faktor yang mempengarui nilai rolling resistance salah satunya adalah bantalan .Penelitian ini menggunakan alat uji rolling resistance untuk mengukur nilai rolling resistance dan Oscilloscope atau Propscope Parallax USB Oscilloscope untuk membaca sinyal getaran. Berdasarkan analisis dan pengolahan data , didapatkan bahwa nilai getaran pada masing-masing bantalan memiliki alur yang sama yaitu semakin besar putaran maka semakin besar pula nilai frekuensi dan kecepatan sudutnya. Nilai rolling resistance akan semakin meningkat saat beban dan diameter bantalan besar. Variabel putaran bantalan dan hasil waktu bantalan berputar sangat berpengaruh terhadap nilai rolling resistance. Hasil pengujian rolling resistance dari ketiga jenis bantalan, didapatkan nilai yang optimum dengan mengatur putaran bantalan sebesar 330 rpm dengan beban 200 N dan diperoleh gaya rolling resistance pada nomor bantalan 6000 sebesar 0,562 N, pada nomor bantalan 6200 sebesar 0,68 N, dan pada nomor bantalan 6300 sebesar 0,973 N.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAnalisis Getaranen_US
dc.subjectBantalanen_US
dc.subjectRolling resistanceen_US
dc.subjectBearingen_US
dc.titleAnalisis Getaran Single Row Deep Groove Ball Bearings terhadap Gaya Rolling Resistanceen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record