• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Getaran Single Row Deep Groove Ball Bearings terhadap Gaya Rolling Resistance

    Thumbnail
    View/Open
    Shinta Arisanthi Dewi-171910101116.pdf (3.532Mb)
    Date
    2019-05-09
    Author
    DEWI, Shinta Arisanthi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kendaraan memiliki tingkat efisiensi yang berbeda karena masing-masing kendaraan memiliki perbedaan perancangan dan teknologi yang diterapkan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Juhala, (2014) massa, hambatan aerodinamis, dan rolling resistance memiliki peranan penting untuk meningkatkan kinerja sari suatu kendaraan.Rolling resistance merupakan tahanan terhadap roda yang akan dan telah menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan. Terdapat beberapa factor yang berpengaruh terhadap nilai rolling resistance yaitu permukaan jalan, berat kendaraan, bantalan dan transmisi serta permukaan kontur ban. Bantalan (bearing) merupakan salah satu bagian dari elemen mesin yang berfungsi untuk menahan beban pada saat dua elemen mesin saling bergerak (Sularso, 1997). Setelah mengamati dan mempelajari penelitian-penelitian sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak faktor yang mempengarui nilai rolling resistance salah satunya adalah bantalan .Penelitian ini menggunakan alat uji rolling resistance untuk mengukur nilai rolling resistance dan Oscilloscope atau Propscope Parallax USB Oscilloscope untuk membaca sinyal getaran. Berdasarkan analisis dan pengolahan data , didapatkan bahwa nilai getaran pada masing-masing bantalan memiliki alur yang sama yaitu semakin besar putaran maka semakin besar pula nilai frekuensi dan kecepatan sudutnya. Nilai rolling resistance akan semakin meningkat saat beban dan diameter bantalan besar. Variabel putaran bantalan dan hasil waktu bantalan berputar sangat berpengaruh terhadap nilai rolling resistance. Hasil pengujian rolling resistance dari ketiga jenis bantalan, didapatkan nilai yang optimum dengan mengatur putaran bantalan sebesar 330 rpm dengan beban 200 N dan diperoleh gaya rolling resistance pada nomor bantalan 6000 sebesar 0,562 N, pada nomor bantalan 6200 sebesar 0,68 N, dan pada nomor bantalan 6300 sebesar 0,973 N.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90838
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository