Show simple item record

dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.advisorHUTAMA, Fajar Surya
dc.contributor.authorISNANTI, Nurul Ayu
dc.date.accessioned2019-04-25T02:35:58Z
dc.date.available2019-04-25T02:35:58Z
dc.date.issued2019-04-25
dc.identifier.nimNIM140210204102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90649
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Suci 01 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak 31 siswa dan VB sebanyak 29 siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan dengan pola pre test post test control group design. sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui kemampuan kedua kelas. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh hasil t 0 sebesar 0,239. Hasil uji-t tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel = 1,671. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil t ix 0 < t tabel yang berarti keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen atau memiliki kemampuan yang sama. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dengan menggunakan 32 soal pilihan ganda. Jenis tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar adalah pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa materi daur air. Analisis uji-t dilakukan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan sebesar 84,16 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sebesar 75,62. Hasil uji t diperoleh t 0 sebesar 6,318, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 58 menunjukkan t tabel sebesar 1,671. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa t 0 > t tabel (6,318 > 1,671) sehingga hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif H a diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, ER diperoleh bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran pada kelas eksperimen relatif lebih efektif 70,35% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar pada materi daur air siswa kelas V di SDN Suci 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204102;
dc.subjectMedia Video Animasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Daur Air Siswa Kelas V SDN SUCI 01 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record