Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Daur Air Siswa Kelas V SDN SUCI 01 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suci 01 Jember pada semester genap
tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak
31 siswa dan VB sebanyak 29 siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni
penelitian eksperimen dengan dengan pola pre test post test control group design.
sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk
mengetahui kemampuan kedua kelas. Hasil uji homogenitas yang dilakukan
diperoleh hasil t
0
sebesar 0,239. Hasil uji-t tersebut kemudian dikonsultasikan
dengan t
tabel
= 1,671. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil t
ix
0 <
t
tabel
yang
berarti keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen atau
memiliki kemampuan yang sama. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
berupa tes dengan menggunakan 32 soal pilihan ganda. Jenis tes yang digunakan
untuk memperoleh data hasil belajar adalah pre-test dan post-test. Analisis data
menggunakan uji-t untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan
media video terhadap hasil belajar siswa materi daur air. Analisis uji-t dilakukan
menggunakan bantuan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas
eksperimen yang diberi perlakuan sebesar 84,16 sedangkan pada kelas kontrol
yang tidak diberi perlakuan sebesar 75,62. Hasil uji t diperoleh t
0
sebesar 6,318,
hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t
tabel
pada taraf signifikansi 5%
dengan db = 58 menunjukkan t
tabel
sebesar 1,671. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa t
0
> t
tabel
(6,318 > 1,671) sehingga hipotesis nihil (H
0
) ditolak
dan hipotesis alternatif H
a
diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, ER diperoleh
bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran pada kelas eksperimen
relatif lebih efektif 70,35% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan media video.
Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa ada
pengaruh positif yang signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil
belajar pada materi daur air siswa kelas V di SDN Suci 01 Jember tahun pelajaran
2017/2018.