• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Talking Chips berbasis Brain- Based Learning (BBL) untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem

    Thumbnail
    View/Open
    Ena Milada Tri Handayani-150210103097 a.pdf (8.451Mb)
    Date
    2019-04-23
    Author
    HANDAYANI, Ena Milada Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan desain penelitian 4D, namun hanya 3 tahap saja yang digunakan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL yang valid digunakan untuk pembelajaran IPA siswa SMP yaitu memiliki sintakmatik yang terdiri tahapan guru memberikan materi pembelajaran, guru membagi siswa untuk berkelompok dengan jumlah 4 siswa setiap kelompok, memberikan tugas kepada siswa, pemberian 2 kartu pendapat kepada setiap siswa untuk mengemukakan pendapat. Sistem sosial pada model kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini adalah pembentukan kelompok untuk dapat berdiskusi dan anggota kelompok dibentuk secara heterogen untuk bertukar informasi dan diskusi. Prinsip reaksi model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL yaitu guru sebagai fasilitator siswa dalam melakukan diskusi, pengamatan di dalam kelas maupun di luar kelas, mengemukakan pendapat, serta membuat kesimpualan dalam pembelajaran. Sistem pendukung dalam model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa), menggunakan power point, menggunakan tumbuhan asli dan hewan yang telah diawetkan, serta membuat pertanyaan. Dampak Intruksional model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini membuat siswa merasa senang untuk belajar sehingga hasil belajar dan retensi belajar meningkat. Dampak pengiring model pembelajaran kolaboratif Talking Chips yaitu siswa dapat aktif dalam diskusi, mampu memecahkan masalah sendiri, mampu menghargai pendapat teman sehingga meningkatkan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90606
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository