Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di PT. Kinansyah Adi Jaya Land (Perumahan Kaliurang Green Garden Jember)
Abstract
Dewasa ini, sosial ekonomi masyarakat yang sudah semakin meningkat dan
mapan, membuat kebutuhan hidup juga ikut meningkat. Sebagian besar orang-orang
memenuhi kebutuhan hidup untuk di konsumsi secara pribadi. Akan tetapi, juga
tidak sedikit orang-orang yang melakukan pemenuhan kebutuhan bukan hanya untuk
dikonsumsi secara pribadi, tetapi dijadikan sebuah investasi. Salah satunya adalah
pemenuhan kebutuhan rumah. Rumah merupakan sebuah tempat yang digunakan
untuk bernaung dan melindungi manusia dari pengaruh keadaan alam sekitarnya
(hujan, matahari, dan sebagainya). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
keputusan individu dalam membeli rumah diantaranya adalah harga, kualitas produk,
dan promosi.
Melihat daya beli konsumen terhadap rumah yang terus meningkat, banyak
perusahaan yang bergerak di bidang real estate bermunculan. Salah satu perusahaan
yang terkenal di Jember adalah PT. Kinansyah Adi Jaya Land. PT. Kinansyah Adi
Jaya Land telah mengembangkan beberapa perumahan di Jember diantaranya
perumahan istana tegal besar, perumahan kaliurang green garden dan perumahan
new istana tegal besar. Salah satu perumahan yang dikembangkan oleh PT.
Kinansyah Adi Jaya Land adalah Perumahan Kaliurang Green Garden.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang
berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti
melalui data sampel atau populasi dengan angka. Jenis data dalam penelitian ini
adalah data subyek yaitu jenis data penelitian yang berupa opini, sikap, pengalaman
atau karakteristik dari seseorang atau sekelompok orang yang menjadi subyek
penelitian (responden) (Indriantoro dan Supomo, 2013: 146).