dc.description.abstract | Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia. Sebagai
mahluk sosial, manusia selalu menggunakan bahasa untuk menyampaikan
gagasan dan pikiran kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan
bahasa juga dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Saat mengajar,
guru menggunakan berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa, salah satunya
adalah tindak tutur direktif. Tindak tutur yang digunakan oleh guru tersebut
merupakan tindak tutur yang dominan digunakan oleh guru SDN Nogosari IV
untuk memfokuskan siswanya saat kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam
penelitian ini yaitu : (1) bagaimanakah wujud tindak tutur direktif yang digunakan
oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Nogosari IV, (2)
bagaimanakah modus tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam
kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Nogosari IV.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif pragmatik. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur
beserta konteks yang diindikasikan memuat tindak tutur direktif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN
Nogosari IV Kecamatan Rambipuji. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga
teknik yaitu : (1) observasi/pengamatan, (2) rekam, (3) simak, dan (4) catat.
Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri atas tiga
proses, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam jenis tindak tutur
direktif yang ditemukan yaitu tindak tutur yaitu, requestives, questions,
requirements, prohibitive, permissives, dan advisories. Selain itu, ada tujuh
modus tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran di Kelas V SDN Nogosari Kecamatan Rambipuji. | en_US |