Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket X Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Supermarket X adalah salah satu perusahaan ritel modern yang berdiri di
banyuwangi dan memiliki 3 cabang di kota lain. Perusahaan ini didirikan pada
tanggal 23 september 2005. Konsep dari Supermarket memungkinkan pelanggan
untuk membeli semua kebutuhanyya dibawah satu atap. Barang yang dijual di
Supermarket ini juga beragam seperti berbagai macam makanan, pakaian,
perlengkapan rumah tangga, barang olahraga, barang elektronik, perhiasan dan
asesoris, kosmetik, mainan, perlengkapan mandi, alat tulis, perlengkapan sekolah
dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti
ATM perbankan, fasilitas bermain anak, toilet yang cukup banyak dan bersih,
mushola, dan tempat parkir yang luas untuk mobil dan motor. Supermarket x
dituntut melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan jumlah pembelian, salah
satunya dengan menerapkan bauran pemasaran jasa. Perusahaan memperhatikan
strategi bauran pemasaran jasa supaya tujuan perusahaan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh
bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian pada Supermarket X
kabupaten Banyuwangi secara parsial dan simultan. Jenis penelitian menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
konsumen yang sudah melakukan transaksi pembelian di Supermarket X. Sampel
pada penelitian ini adalah 105 orang responden yang dihitung dengan pendapat
Ferdinan, apabila populasi tidak diketahui maka jumlah sampel minimal adalah 5
kali dari jumlah item yang terdapat pada kuesioner. Penelitian ini menggunakan
alat analiasis regresi linier berganda dengan SPSS 2.2. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat,
promosi, orang, proses, dan bukti fisik) secara parsial dan simultan berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian.