dc.description.abstract | Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggara
pendidikan pondasi dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik
(koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta,
kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap berperilaku serta
beragama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Perkembangan sosial anak
merupakan salah satu perkembangan yang harus dikembangkan secara baik.
Sosialisasi merupakan suatu proses di mana individu, anak melatih kepekaan
dirinya terhadap rangsangan-rangsangan sosial. Guru sangat berperan dalam
membantu perkembangan anak didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara
optimal. Tercapainya perkembangan sosial anak dapat dilihat dari bagaimana cara
guru dalam kegiatan proses pembelajaran.
Guru kelompok B di TK Dharmawanita Kecamatan Ranuyoso tidak
menunjukkan bahwa salah satu peran guru sebagai motivator tidak tersampaikan
kepada anak. Permasalahan tersebut peran guru sangat penting bagi anak usia dini
dalam mengoptimalkan keterampilan sosial, karena guru merupakan sumber
motivasi untuk anak di masa yang akan datang selanjutnya.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peran Guru dalam
Mengembangkan keterampilan Sosial Anak Di TK Dharmawanita Kecamatan
Ranuyoso Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018?. | en_US |