Efektivitas Model Pbl Berbantuan Simulasi Phet Pada Pokok Bahasan Elastisitas Dan Hukum Hooke Untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA
Abstract
Dalam konsep fisika ada sejumlah besaran menuntut terepresentasikan selain
besar atau nilainya, juga arah seperti pada konsep elastisitas dan hukum Hooke.
Kemampuan representasi ini sangatlah berperan dalam proses pembelajaran.
Kemampuan multirepresentasi yang terdiri dari representasi verbal, matematik,
grafik, dan gambar dapat mewakili hasil belajar siswa secara keseluruhan, baik pada
proses maupun produk. Namun, rendahnya hasil belajar fisika di lapangan menjadi
masalah utama dalam pembelajaran fisika yang masih banyak ditemui. Salah satu
kecenderungan yang sering dilakukan adalah melupakan hakikat pembelajaran yang
sesungguhnya di mana seharusnya pembelajaran lebih berpusat pada siswa, dan
bukan pada guru. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu
memunculkan keterlibatan seluruh siswa secara aktif dalam pembelajaran yang
meliputi kemampuan berfikir verbal, matematik, grafik, dan gambar (kemampuan
representasi) tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika (proses dan produk).
Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran
PBL (Problem Based Learning) berbantuan simulasi PhET.