Show simple item record

dc.contributor.advisorNa’im, Mohammad
dc.contributor.advisorSumarno
dc.contributor.authorMuzakky, Ahmad
dc.date.accessioned2019-04-09T01:30:34Z
dc.date.available2019-04-09T01:30:34Z
dc.date.issued2019-04-09
dc.identifier.nim140210302067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90146
dc.description.abstractPembelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat membangun karakter kebangsaan. Pembelajaran sejarah mengajarkan nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk membentuk sikap, watak, melatih kecerdasan, serta dapat membuat peserta didik merefleksikan kehidupan masa lampau dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan ilmu alam dimana peserta didik dapat mengamati dan mengkaji fakta secara langsung dengan melakukan ujicoba. Sedangkan dalam pembelajaran sejarah peserta didik dihadapkan pada fakta-fakta yang tidak dapat diamati secara langsung di dalam kelas (Kochtar, 2008:14). Oleh karena itu, dibutuhkan stimulus untuk mengemas pembelajaran sejarah yang menarik yang dapat memproyeksikan peristiwa masa lampau ke hadapan peserta didik. Berdasarkan analisis performansi yang dilakukan di tiga SMA Negeri di Kabupaten Jember, yaitu: (1) SMAN 1 Jember, (2) SMAN 3 Jember, dan (3) SMAN Rambipuji, diperoleh fakta bahwa peserta didik kebanyakan kurang menyukai kegiatan membaca, materi pelajaran biasanya peserta didik peroleh didalam kelas saja. Salah satu penyebabnya yaitu ketersediaan variasi media pembelajaran yang kurang beragam. Media pembelajaran yang digunakan yakni LKS, buku paket, powepoint dan sesekali menggunakan video. Mereka kebanyakan merasa bosan untuk mempelajari materi yang hanya bersumber dari buku paket, maupun LKS karena dianggap penyajiannya yang monoton. Peserta didik lebih menyukai penggunaan media pembelajaran seperti powerpoint dan video yang memiliki tampilan visual yang baik, serta penyajian materi yang lebih ringkas dan menarik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengembangan Multimedia Interaktifen_US
dc.subjectModel Assureen_US
dc.titlePengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Mengunakan Model Assure Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record