• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Mengunakan Model Assure Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Muzakky-140210302067 Sdh.pdf (4.904Mb)
    Date
    2019-04-09
    Author
    Muzakky, Ahmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat membangun karakter kebangsaan. Pembelajaran sejarah mengajarkan nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk membentuk sikap, watak, melatih kecerdasan, serta dapat membuat peserta didik merefleksikan kehidupan masa lampau dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan ilmu alam dimana peserta didik dapat mengamati dan mengkaji fakta secara langsung dengan melakukan ujicoba. Sedangkan dalam pembelajaran sejarah peserta didik dihadapkan pada fakta-fakta yang tidak dapat diamati secara langsung di dalam kelas (Kochtar, 2008:14). Oleh karena itu, dibutuhkan stimulus untuk mengemas pembelajaran sejarah yang menarik yang dapat memproyeksikan peristiwa masa lampau ke hadapan peserta didik. Berdasarkan analisis performansi yang dilakukan di tiga SMA Negeri di Kabupaten Jember, yaitu: (1) SMAN 1 Jember, (2) SMAN 3 Jember, dan (3) SMAN Rambipuji, diperoleh fakta bahwa peserta didik kebanyakan kurang menyukai kegiatan membaca, materi pelajaran biasanya peserta didik peroleh didalam kelas saja. Salah satu penyebabnya yaitu ketersediaan variasi media pembelajaran yang kurang beragam. Media pembelajaran yang digunakan yakni LKS, buku paket, powepoint dan sesekali menggunakan video. Mereka kebanyakan merasa bosan untuk mempelajari materi yang hanya bersumber dari buku paket, maupun LKS karena dianggap penyajiannya yang monoton. Peserta didik lebih menyukai penggunaan media pembelajaran seperti powerpoint dan video yang memiliki tampilan visual yang baik, serta penyajian materi yang lebih ringkas dan menarik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90146
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository