Pengaruh Citra Destinasi dan Experiential Marketing Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Pantai Pulau Merah Banyuwangi)
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi terbesar didunia yang mempunyai pertumbuhan paling pesat. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki potensi alam, keanekargaman flora dan fauna, peninggalan purbakala dan peninggalan sejarah yang menjadi sumber daya dan modal yang bagus dibidang pariwisata. Salah pariwisata yang ada di Indonesia yaitu pantai Pulau Merah Banyuwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Citra Destinasi dan Experiential Marketing terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Konsumen studi pada pengunjung pantai Pulau Merah Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 112 responden yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada pengunjung pantai Pulau Merah Banyuwangi, 2) Variabel Experiential Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada pengunjung pantai Pulau Merah Banyuwangi, 3) Variabel Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Word of Mouth pada pengunjung pantai Pulau Merah Banyuwangi, 4) Variabel Experiential Marketing berpengaruh signifikan terhadap Word of Mouth pada pengunjung pantai Pulau Merah Banyuwangi, 5) Variabel Kepuasan Konsumen berpengaruh terhadap Word of Mouth pada pengunjung Pantai Pulau Merah Banyuwangi.