Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas Viii
Abstract
Keterlibatan Indonesia dalam Program for International Student Assessment (PISA) adalah upaya untuk melihat sejauh mana program pendidikan di negara kita berkembang dibanding negara-negara lain di dunia. Hal ini menjadi penting dilihat dari kepentingan anak-anak kita dimasa yang akan datang sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam era globalisasi. Iswadi (2016) berpendapat bahwa hasil tes dan evaluasi terbaru PISA 2015 membuktikan bahwa performa siswa-siswa Indonesia masih tergolong rendah. Berturut-turut rata-rata skor pencapaian siswa-siswa Indonesia untuk sains, membaca, dan matematika berada di peringkat 62, 61, dan 63 dari 69 negara yang dievaluasi. Peringkat dan rata-rata skor Indonesia tersebut tidak berbeda jauh dengan hasil tes dan survey PISA terdahulu pada tahun 2012 yang juga berada pada kelompok penguasaan materi yang rendah.