Show simple item record

dc.contributor.authorTitah Dita Pramesti
dc.date.accessioned2013-12-16T02:42:32Z
dc.date.available2013-12-16T02:42:32Z
dc.date.issued2013-12-16
dc.identifier.nimNIM080210192010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9002
dc.description.abstractKombinasi model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran fisika diharapkan agar siswa dapat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran fisika, serta siswa akan lebih terarah dalam membentuk konsep-konsep fisika yang di pahami, karena dalam hal ini siswa diajak berpikir nalar tentang konsep materi, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran serta lebih cepat dalam memahami konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. (2) mengkaji motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. (3) Mengkaji hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Daerah penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Prajekan yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan perhitungan uji one way-ANOVA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 dan X-6 yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized subjects post-test only control group design. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, vii observasi, wawancara, tes, dan angket. Analisis data tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji aktivitas, data hasil belajar kognitif produk dengan perhitungan Independent Samples T-Test, serta hubungan diantara hasil belajar dan motivasi dengan menggunakan perhitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data hasil belajar kognitif produk di peroleh hasil bahwa T test > T tabel (1,84 > 1,67), sehingga dapat dinyatakan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima. Jadi, hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Sedangkan pada tingkat motivasi belajar siswa diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah, yaitu 82,69% dengan kriteria “sangat baik” untuk kelas eksperimen dan 73,15% dengan kriteria “baik” untuk kelas kontrol. Hasil analisis data mengenai hubungan antara hasil belajar siswa dengan tingkat motivasi siswa diperoleh persamaan regresi linier Y = 62,31 + 0,13X, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara meningkatnya motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa, yaitu setiap kenaikan skor motivasi belajar siswa sebesar 0,13 poin, maka hal tersebut akan menaikkan skor nilai hasil belajar siswa sebesar satu poin. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Serta hubungan diantara keduanya adalah positif, yaitu meningkatnya motivasi belajar siswa juga akan meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192010;
dc.subjectpembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), teknik Mind Mapping (Peta Pikiran), pembelajaran fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record