PENGARUH ATRIBUT JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PO. AKAS NNR PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian dilakukan pada penumpang untuk jurusan Surabaya -
Banyuwangi di titik-titik tertentu tempat pemberhentian bus PO.AKAS NNR
Probolinggo pada responden dengan klasifikasi frekuensi penggunaan penumpang
sebanyak 2-3 kali atau lebih.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda, dengan hasil analisis Fhitung > Ftabel = (26,324 > 2,290), maka variable
kebersihan bus, penampilan luar bus, keramahan dan kesopanan petugas, kinerja
driver atau pengemudi dan ketepatan waktu secara bersama-sama berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang pada tingkat signifikan 5%
hal ini berarti bahwa pengaruh atribut jasa terhadap kepuasan penumpang
PO.AKAS NNR Probolinggo terbukti kebenarannya. Berdasakan hasil koefisien
determinasi berganda yang disesuaikan (Adjusted R2) sebesar 0,561, hal ini berarti
56,1% perubahan kepuasan penumpang dipengaruhi oleh variabel kebersihan bus,
penampilan luar bus, keramahan dan kesopanan petugas, kinerja pengemudi, dan
ketepatan waktu, sedangkan sisanya sebesar 43,9% disebabkan oleh faktor lain.
Variabel yang paling dominan adalah Ketepatan waktu (X5)., yaitu rpartial sebesar
0.278.