The Portrait of Teaching Writing in the Context of Elt in Senior High Schools Trying Out the Competence-Based Curriculum
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penagajaran menulis
dalam konsteks pengajaran Bahasa Inggris di SMA yang mengujicobakan KBK
di Kabupaten Jember. Desain multi-case study dipilih dalam studi kualitatif,
sedangkan desain survey dipilih dalam studi kuantitatif. Data kualitatif
dianalisis dengan prosedur: (1) pembuatan fieldnotes , (2) pengkodean field
notes, (3) pembuatan ringkasan, (4) pembuatan matriks, dan (5) penarikan
kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan distribusi frekuensi, dan
tes distribusi chi square (x ²). Secara umum ditemukan bahwa pengajaran
menulis oleh guru Bahasa Inggris di SMA yang mengujicobakan KBK di
Jember dinilai kurang efektif. Pada studi kualitatif ditemukan bahwa strategi
guru dalam mengajarkan menulis belum sepenuhnya mencerminkan ketentuan
KBK. Pada studi kuantitatif terungkap bahwa: (1) model linear pengajaran
menulis cenderung diadopsi oleh guru, (2) materi pokok dalam KBK yang
seharusnya diajarkan oleh guru belum mencukupi. Direkomendasikan agar
dipilih naras umber berlatar belakng Pendidikan Bahasa Inggris dalam inservice
training
program.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]