Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorHAPSARI, Sabrina Trie
dc.date.accessioned2019-03-04T01:37:55Z
dc.date.available2019-03-04T01:37:55Z
dc.date.issued2019-03-04
dc.identifier.nimNIM140210103097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89702
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis adalah suatu sikap mau berpikir secara mendalam tentang masalah - masalah dan hal – hal yang berada dalam jangkauan pengalaman setiap pesera didik Maka dari itu pendidik harus mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk berpikir secara kritis. Menurut wawancara yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 9 Jember, model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya biologi masih belum mampu membuat siswa untuk aktif berpikir kritis dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, melatih keterampilan memecahkan masalah dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran karena pembelajaran berbasis masalah diterapkan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dimana berpikir kritis adalah satu perwujudan dari berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking). Namun dalam pelaksanaannya model pembelajaran berbasis masalah masih memiliki kendala yakni tujuannya tidak berhasil pada siswa yang malas, maka dari itu model pembelajaran ini haruslah dibantu menggunakan media yang mendukung. Media audio visual dipilih sebagai media yang mendukung model pembelajaran ini karena Media audio visual merupakan media yang mengkombinasikan dua kemampuan yakni kemampuan auditif (pendengaran) dan kemampuan visual (penglihatan). Dengan menggabungkan dua kemampuan indera dalam proses pembelajaran akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan berkualitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah engan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif bersifat eksperimen semu (quasy experimental) karena tidak semua variabel luar yang dapat mempengaruhi penelitian bisa dikendalikan oleh peneliti. Penelitian ini diaksanakan di SMP Negeri 9 Jember selama 1 bulan. Terdapat kelas ekspereimen dan kelas kontrol pada penelitian ini. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran DiscoveryLearning dengan media gambar. Data yang diperoleh pada penelitian ini yakni data hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil belajar kognitif siswa, dan hasil belajar afektif siswa. Hasil rata – rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 75,35 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 64,54. Didapatkan perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai probabilitas sebesar 0.000. Pada hasil belajar kognitif siswa selisih antara nilai pre – test dan post- test lebih tinggi pada kelas eksperimen sebesar 31,50 dibandingkan kelas kontrol sebesar 14,89. model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar kognitif siswa dengan probabilitas sebesar 0,000. Pada hasil belajar afektif siswa di kelas eksperimen dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol karena didapatkan kelima aspek di kelas eksperimen masuk kedalam kriteria baik dan sangat baik sedangkan pada kelas kontrol masuk ke dalam kriteria baik dan cukup baik. Didapatkan perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media audio visual terhadap hasil belajar afektif kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai probabilitas sebesar 0.001.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210103097;
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectMedia Audio Visualen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkunganen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record