Show simple item record

dc.contributor.authorM. Sulton Zainuri
dc.date.accessioned2013-12-15T23:30:19Z
dc.date.available2013-12-15T23:30:19Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.nimNIM070210302086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8968
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011 dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jenggawah, maka diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya sejarah di SMP Negeri 1 Jenggawah rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah yang hanya mencapai nilai 30,5% dengan rata-rata kelas paling rendah 65,97. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Jenggawah tergolong rendah yaitu 39,54% siswa yang aktif, Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan siswa merasa kesulitan memahami mata pelajaran IPS sejarah, yang dinilai merupakan mata pelajaran hafalan sebab diperoleh data bahwa pembelajaran IPS sejarah SMP Negeri 1 Jenggawah masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran berlangsung hanya satu arah sehingga tidak ada interaksi antara guru dan murid sebab kegiatan pembelajaran cenderung mengarah pada penyampaian informasi dari guru ke siswa. Model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang dihadapi kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah adalah model pembelajaran Advance Organizer sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran serta menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga menbuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012 ?: (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012 ?. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk meningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan mongkdel pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 39,54% sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu sebesar 65,6% pada siklus I. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan sebesar 73,9% Sedangkan pada siklus III diperoleh angka aktivitas secara klasikal sebesar 79,1%. Pada Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan perlakuan sebesar 30,5% dengan nilai rata-rata kelas 65,97, sedangkan pada siklus I sebesar 77,7% dengan nilai rata-rata kelas 73,3 dan pada siklus II sebesar 91,6% dengan nilai rata-rata kelas 80, sedangakan pada siklus III sebesar 94,4% dengan nilai rata-rata kelas 84,4. Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah, (2) Penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah, khususnya pada pokok bahasan Peristiwa-peristiwa sekitar proklamsi kemerdekaan Indonesia. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya model pembelajaran ini menjadi model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran serta sebagai alternatif model pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302086;
dc.subjectKualitas Pe mbelajaran, Pembelajaran Model Advance Organizeren_US
dc.titlePENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 1 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record