PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 1 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan
Oktober 2011 dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1
Jenggawah, maka diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya
sejarah di SMP Negeri 1 Jenggawah rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil
ulangan harian kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah yang hanya mencapai nilai
30,5% dengan rata-rata kelas paling rendah 65,97. Selain itu aktifitas belajar siswa di
SMP Negeri 1 Jenggawah tergolong rendah yaitu 39,54% siswa yang aktif,
Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan siswa merasa kesulitan
memahami mata pelajaran IPS sejarah, yang dinilai merupakan mata pelajaran
hafalan sebab diperoleh data bahwa pembelajaran IPS sejarah SMP Negeri 1
Jenggawah masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam hal ini
guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas.
Pembelajaran berlangsung hanya satu arah sehingga tidak ada interaksi antara guru
dan murid sebab kegiatan pembelajaran cenderung mengarah pada penyampaian
informasi dari guru ke siswa.
Model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan pembelajaran
yang dihadapi kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah adalah model pembelajaran
Advance Organizer sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi
pelajaran serta menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga menbuat siswa
lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka
dilakukan penelitian, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS
menggunakan model pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah
tahun pelajaran 2011/2012 ?: (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran
Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012 ?.
Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk meningkatan aktivitas belajar
peserta didik kelas VIII H pada mata pelajaran IPS menggunakan mongkdel
pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran
2011/2012, (2) Untuk meningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII H pada mata
pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Advance Organizer di SMP Negeri
1 Jenggawah tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar
siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 39,54% sedangkan aktivitas belajar
siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu sebesar
65,6% pada siklus I. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan
sebesar 73,9% Sedangkan pada siklus III diperoleh angka aktivitas secara klasikal
sebesar 79,1%. Pada Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan perlakuan
sebesar 30,5% dengan nilai rata-rata kelas 65,97, sedangkan pada siklus I sebesar
77,7% dengan nilai rata-rata kelas 73,3 dan pada siklus II sebesar 91,6% dengan nilai
rata-rata kelas 80, sedangakan pada siklus III sebesar 94,4% dengan nilai rata-rata
kelas 84,4. Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model
pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah, (2) Penerapan model
pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah, khususnya pada pokok
bahasan Peristiwa-peristiwa sekitar proklamsi kemerdekaan Indonesia. Saran dalam
penelitian ini adalah hendaknya model pembelajaran ini menjadi model pembelajaran
yang tepat dalam proses pembelajaran serta sebagai alternatif model pembelajaran.