Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Afektif Kolaboratif Ilmiah Siswa
Date
2019-01-29Author
Ni’mah, Lutfiatun
Astutik, Sri
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep fisika dan kemampuan afektif
kolaborasi ilmiah siswa setelah menggunakan model Collaborative Creativity (CC). Jenis penelitian
ini menggunakan kuasi eksperimen dan desain penelitian adalah Desain Eksperimental Klasik. Besar
peningkatan penguasaaan konsep siswa setelah menggunakan model Collaborative Creatvity (CC)
diketahui dari hasil N-Gain. Nilai <g> kelas eksperimen diperoleh 0,79 (tinggi) dan kelas kontrol
diperoleh 0,69 (sedang). Besar nilai <g> kelas eksperimen dengan kategori tinggi menunjukkan
bahwa model Collaborative Creativity (CC) dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.
Untuk mengetahui perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji
Independent Sample T-Test. Hasil analisis Independent-Sample T-test kelas eksperimen 0,00 yakni
perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil penelitian kemampuan
afektif kolaboratif ilmiah siswa menunjukkan bahwa ada peningkatan kemajuan siswa pada setiap
indikator kemampuan afektif kolaboratif ilmiah pada kelas eksperimen dalam tiga kali pertemuan
pembelajaran sedangkan kelas kontrol siswa tidak menujukkan adanya peningkatan pada setiap
pertemuan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Collaboraive
Creativity (CC) dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan kemampuan afektif kolaboratif
ilmiah.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]