Identifikasi Kinematika di Jalur B-29 Lumajang pada Konsep Fisika Melalui Rancangan LKS Fisika SMA
Date
2019-01-29Author
Nisma, Eka Badhik Junia
Subiki, Subiki
Astutik, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini banyak bahan ajar yang telah berhasil dikembangkan. Namun pengembangan bahan ajar
tersebut sebagian besar mengkaji fenomena-fenomena fisika dari kehidupan sehari-hari yang kurang
meninjau data sesuai fakta yang ada di lapangan. Sumber bahan ajar yang dikembangkan diintegrasi
bidang ilmu lain, sehingga konsep-konsep fisika yang seharusnya ada menjadi tidak tersampaikan
dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengkaji data sesuai keadaan yang ada dilapangan,
kemudian data-data yang diperoleh dijadikan rancangan Lembar Kerja Siswa yang kontekstual.
Penelitian ini mengkaji materi kinematika dengan menggunakan kearifan lokal yang ada di B-29
Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan desain penelitian
descriptive analitys. Hasil penelitian yang diperoleh berupa data-data besaran dalam kinematika yang
memanfaatkan kearifan lokal B-29 Lumajang. Terdapat 3 jalur identifikasi yang terdiri dari jalur
lintasan lurus, lintasan menurun dan lintasan melingkar. Ketiga hasil identifikasi kemudian dijadikan
bahan utama rancangan Lembar Kerja Siswa kelas X SMA untuk membantu siswa dalam memahami
konsep-konsep Kinematika.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]