Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Problem Solving Materi Elastisitas pada Siswa SMA
Date
2019-01-29Author
Masinta, Anis Dwi
Astutik, Sri
Prastowo, Sri Handono Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan membekali generasi muda dengan keterampilan dan kompetensi dalam berkonstribusi
secara aktif terhadap suatu sistem. Dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu sistem
diperlukan suatu kreativitas. Berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah
dalam menciptakan suatu keberhasilan. Salah satu pembelajaran yang menekankan kreativitas adalah
pembelajaran fisika, dimana produk yang dikembangkan seorang fisikawan tidak dapat diabaikan
potensi kreativitasnya. Kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah memiliki kaitan yang
dapat ditinjau dari komponen kreativitas, yang meliputi: kefasihan, fleksibilitas, originalitas, dan
keterincian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif dalam
menyelesaikan soal problem solving materi elastisitas pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri Mumbulsari tahun ajaran 2018/2019.
Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Instrumen penelitian berupa soal tes
problem solving dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih dalam
kategori kurang kreatif dengan dengan jumlah 93 siswa pada pokok bahasan elastisitas yang tergolong
dalam kategori cukup kreatif adalah sebanyak 27 siswa, kategori kurang kreatif adalah sebanyak 45
siswa, kategori tidak kreatif adalah sebanyak 21 siswa. Hasil yang diperoleh didukung dengan adanya
wawancara yang dilakukan peneliti dengan siswa.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]