Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbound pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa'ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (The Increase of Social and Emotional Development Through A Outbound Activity on B Children Group in Asy-Syafa'ah Jember Kindergarten 2015/2016 Academic Year)
Date
2019-01-28Author
Istiqomah, Nurul
Lathif, Misno A.
Khutobah, Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi, sehingga berdampak pada
rendahnya perkembangan sosial dan emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial dan
emosional anakmelalui kegiatan outbound . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya anak kelompok B TK Asy-Syafa'ah Jember dengan jumlah 31 anak, terdiri
atas 16 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan datanya wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis datanya berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan
sosial dan emosional anak kelompok B melalui kegiatan outbound (Permainan halang rintang, estafet tongkat dan moving
water) mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 51, siklus I 67 dan pada
siklus II meningkat menjadi 81.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]