Show simple item record

dc.contributor.authorNanik Mujayanti
dc.date.accessioned2013-09-04T06:05:55Z
dc.date.available2013-09-04T06:05:55Z
dc.date.issued2013-09-04
dc.identifier.nimNIM070210101042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/893
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan dan mata pelajaran yang diajarkan pada semua tingkat pendidikan, mulai jenjang pendidikan rendah sampai jenjang pendidikan tinggi. Dari setiap jenjang tersebut, seringkali siswa atau mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika sehingga dimungkinkan terdapat kesalahan dalam jawab soal yang diberikan. Kesalahan siswa dalam merespon setiap permasalahan seringkali tidak ditindaklanjuti dengan pelacakan terjadinya respon yang salah tersebut. Umumnya para guru matematika melihat mampu tidaknya siswa hanya melalui hasil akhir dari tes yang diberikan. Ketepatan respon siswa serta jenis kesalahan siswa jarang sekali terlacak. Untuk itu perlu adanya analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal agar dapat diketahui letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan kesalahan tersebut guru dapat memberikan bimbingan tentang cara penyelesaian yang tepat sehingga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan yang sama. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan permasalahan dalam Statistika. Ini dimaksudkan agar guru memahami jenis dan penyebab kesalahan siswa sehingga bisa untuk memperbaiki kualitas mengajar guru serta kualitas belajar siswa. Tes yang diberikan dalam penelitian ini berbetuk uraian dan sebanyak lima soal yang telah dipilih dari 10 soal yang telah di validasi. Sampel sebanyak 49 siswa diambil dari 4 kelas yang diambil sebagai wakil dari populasi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Kesalahan siswa dianalisis berdasarkan lima kategori kesalahan menurut Watson yaitu , kesalahan data tidak tepat (innapproprite data/id), prosedur tidak tepat (innapproprite procedure/ip), kesalahan masalah hierarki ketrampilan (skills hierarchy problem /shp), kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclution/ oc), kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclution/ oc). Hasil analisis data menunjukkan bahwa prosedur tidak tepat terjadi pada nomor 1, 2, 3, dan 4, kesalahan data tidak tepat terjadi pada nomor 1 dan 2, kesalahan masalah hierarki ketrampilan terjadi pada nomor 1, 2, 4 dan 5, kesalahan kesimpulan hilang terjadi pada nomor 1 dan 3, kesalahan kesimpulan hilang terjadi pada nomor 1, 2, 4 dan 5. Persentase dari tiap kategori kesalahan adalah kesalahan prosedur tidak tepat sebesar 25,31% , kesalahan lain yaitu kesalahan data tidak tepat sebesar 9,39%, kesalahan masalah hierarki ketrampilan sebesar 13,47%, kesalahan kesimpulan hilang sebesar 5,31% dan kesalahan selain kategori diatas sebesar 14,69%. Penyebab siswa melakukan kesalahan id adalah siswa salah dalam memasukkan data dalam variable, kesalahan ip adalah siswa kurang memahami maksud dari soal, kesalahan oc adalah siswa kurang memahami pertanyaan yang ada dalam soal, kesalahan shp adalah siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan dan salah dalam pembulatan hasil perhitungan, dan kesalahan ao adalah siswa bingung cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Saran yang bisa diberikan bagi siswa yang melakukan kesalahan id sebaiknya siswa lebih teliti dalam memilih data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal, bagi siswa yang melakukan kesalahan ip sebaiknya siswa banyak berlatih menyelesaikan soal dengan berbagai macam soal untuk melatih memahami maksud dari soal dan cara penyelesaiannya, bagi siswa yang melakukan oc sebaiknya siswa lebih teliti lagi dalam memahami pertanyaan yang ada di soal, bagi siswa yang melakukan kesalahan shp sebaiknya siswa lebih teliti dalam perhitungan dan dalam masalah pembulatan hasil peritungan, bagi siswa yang melakukan kesalahan ao sebaiknya siswa banyak belajar dan latihan soal agar bisa menyelesaikan berbagai macam soal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101042;
dc.subjectANALISIS KESALAHAN, WATSONen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN STATISTIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 GENTENGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record