Show simple item record

dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorSANI, Ulfala
dc.date.accessioned2019-01-04T03:55:34Z
dc.date.available2019-01-04T03:55:34Z
dc.date.issued2019-01-03
dc.identifier.nim140210204042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89324
dc.description.abstractMateri gaya dan gerak merupakan materi yang bersifat abstrak, sehingga dibutuhkan sebuah alat penunjang untuk memperjelas materi, salah satunya berupa media pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang dikembangkan di lembaga pendidikan, salah satunya berupa komik pembelajaran dari tingkat SD sampai sekolah menengah atas. Komik merupakan penggabungan antara teks dan gambar dalam bentuk yang kreatif. Oleh karena itu, komik merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan inisiatif dan ide kreatif berupa pengembangan media komik untuk pembelajaran IPA topik gaya dan gerak, agar siswa lebih tertarik tentang materi tersebut yang dikemas dengan tampilan menarik dan penggunaan bahasa yang ringan sesuai dengan bahasa sehari-hari. Komik pembelajaran IPA ini memiliki unsur-unsur karakter tokoh komik yang lebih menonjol dan mengintegrasikan setiap kompetensi inti pada kurikulum 2013. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan media komik pembelajaran IPA topik Gaya dan Gerak untuk kelas IV SD untuk mengetahui seberapa tinggi validitas hasil pengembangan dan efektifitas komik IPA topik gaya dan gerak siswa sekolah dasar kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model Borg dan Gall yang terdiri dari 8 langkah yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk; (8) tahap uji coba pemakaian. Subjek ujicoba penelitian pengembangan media komik ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 dan SDN Kepatihan 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket validasi, tes hasil belajar, serta lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah metode wawancara, angket, tes, validasi. Data yang diperoleh adalah hasil validasi, hasil belajar, dan respon siswa. Proses pengembangan media komik pembelajaran IPA gaya dan gerak terdiri dari 8 tahapan yang telah dilalui untuk membuat produk komik. Selanjutnya komik divalidasi untuk mengetahui seberapa tinggi kevalidan komik. Hasil perolehan rata-rata validasi media komik dari semua validator sebesar 3,67 atau dengan persentase kelayakan komik sebesar 91,75% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Uji coba dilaksanakan pada kelas IV di dua sekolah yakni SDN Kebonsari 05 Jember dan SDN Kepatihan 01 Jember dengan jumlah masing-masing 29 dan 34 siswa. Keefektifan komik IPA diperoleh melalui hasil belajar siswa dan respon siswa. Persentase siswa yang mendapatkan skor tes diatas KKM di SDN Kebonsari 05 Jembar sebesar 86,21% berkategori sangat baik, dan di SDN Kepatihan 01 Jember sebesar 88,34% berkategori sangat baik. Rata-rata persentase respon siswa di SDN Kebonsari 05 Jembar sebesar 91,3% berkategori sangat baik, dan di SDN Kepatihan 01 Jember sebesar 88,72% berkategori sangat baiken_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Dasaren_US
dc.titlePengembangan Komik Pembelajaran IPA Topik Gaya Dan Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IVen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record