Show simple item record

dc.contributor.authorLAILINA ULFA
dc.date.accessioned2013-12-15T11:37:11Z
dc.date.available2013-12-15T11:37:11Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8927
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam pembelajaran Ekono mi di SMA Negeri 3 Jember masih rendah. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih be lum memenuhi standar ketuntasan . Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran discovery. Metode pembelajaran discovery adalah metode pembelajaran yang dalam proses pembelajaran aktivitas siswa sangat ditekankan, siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi pelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif menjadi aktif sekaligus hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X -E di SMA Negeri 3 Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran d iscovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi materi Konsumsi dan Investasi siswa kelas X -E SMA Negeri 3 Jember. Pembelajaran siklus I yang diikuti oleh 39 siswa dan dapat diketahui bahwa aktivitas siswa ke las X-E mengalami peningkatan yaitu skor sebesar 60,51% dikatagorikan aktif. Hal ini sudah mengalami peningkatan yang cukup berarti bila dibandingkan dengan aktivitas siswa sebelum tindakan yang masih dikatagorikan cukup aktif dengan skor sebesar 59,17% . Rata – rata nilai ulangan harian siswa secara individu 75,00, Sedangkan secara klasikal nilai ulangan harian siswa sudah memenuhi standar ketuntasan yaitu 76,92%. Pembelajaran pada siklus II diikuti oleh 39 siswa, jumlah skor rata -rata aktivitas siswa pada siklus II lebih tinggi bila dibandingkan siklus I sebesar 60,51% dan siklus II sebesar 67,18%, aktivitas siswa siklus II termasuk katagori aktif. Peningkatan a ktivitas siswa di ikuti peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan ratarata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 81,54 dan secara klasikal mencapai 8 7,18% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries7021030111 7;
dc.subjectMetode pembelajaran discovery, aktivitas belajar siswa, hasil belajar si swaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record