Strategi Pemasaran Pada Usaha Dagang (Ud) Jaya Amelia Di Kabupaten Jombang
Abstract
Dari hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Jaya Amelia
yaitu dengan melalukan bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi)
dan deangan melakukan pengaplikasian metode Jaringan (connect) untuk
memperluas pangsa pasar. UD. Jaya Amelia tidak hanya terfokus pada penjualan
pada toko fisik saja dalam bentuk eceran. Unit bisnis ini memanfaatkan
jaringan(connect) dengan berbagai instasi untuk mendapatkan tender pesanan tas
untuk berbagai acara. Pada awal usaha UD. Jaya Amelia menawarkan produk
secara door to door dan secara langsung (mouth of mouth) pada pembeli, sampai
pada akhirnya UD. Jaya Amelia mulai menerapkan strategi tempat (place) berupa
toko fisik, hal ini dilakukan agar calon pembeli mendapatkan kemudahan akses
dan kepercayaan dari calon pembeli yang akan melakukan pemesanan dalam
jumlah besar.