dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh faktorfaktor
yang mempengaruhi minat beli ulang serta loyalitas pelanggan Tupperware
di Kota Jember. Terdapat tujuh belas faktor yang diteliti diantaranya adalah kualitas
bahan dasar yang digunakan, bentuk dan model yang menarik, produk tidak mudah
rusak, daya tahan penggunaan yang lama, kesesuaian produk yang dijanjikan,
periklanan yang lakukan, promosi yang diberikan, publisitas yang dilakukan, harga
produk yang terjangkau, harga produk sesuai kualitas, harga produk sesuai manfaat
produk, keinginan untuk menggunakan lagi produk (transaksional), mencari tahu
informasi tentang produk (eksploratif), menjadikan produk sebagai pilihan utama
(preperensial), melakukan pembelian ulang, merekomendasi kepada orang lain,
tidak terpengaruh dengan pesaing.
Penelitian ini mengabil populasi konsumen pelanggan Tupperware yang
tinggal diwilayah Kota Jember yang melakukan pembelian ulang dengan umur
paling muda adalah 15 tahun, karena sudah mampu untuk melakukan pembelian
produk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil
dari pengisian kuesioner oleh 136 responden. Pengambilan sampel menggunakan
teknikcluster cluster sampling untuk menentukan kecamatan yang akan dijadikan
objek penelitian, dilanjutkan menggunakan purposive sampling untuk menentukan
keriteria yang digunakan dalam dalam pengambilan sampel. Metode analisis yang
digunakan yaitu analisis structural equation model.
Hasil peelitian menunjukan dari 7 hipotesis yang diajukan terbukti 4
hipotesis berpengaruh dan signifikan yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan
terhadap minat beli ulang pelanggan Tupperware di Kota Jember, promosi
berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pelanggan Tupperware di Kota
Jember, harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pelanggan
Tupperware di Kota Jember, dan minat beli ulang berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan Tupperware di Kota Jember. | en_US |