Show simple item record

dc.contributor.advisorMUJI
dc.contributor.advisorARIEF, Rijadi
dc.contributor.authorMEGA, Puspitasari
dc.date.accessioned2018-12-01T04:25:48Z
dc.date.available2018-12-01T04:25:48Z
dc.date.issued2018-12-01
dc.identifier.nimNIM140210402093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88712
dc.description.abstractKeberagaman dan keunikan budaya yang dimiliki Indonesia seperti ras, suku, adat istiadat dan kepercayaan menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya. Keberagaman tersebut seharusnya menjadi hal positif yang patut disyukuri masyarakat Indonesia. Akan tetapi, saat ini keberagaman sering dijadikan sebuah alasan sebagai pemicu timbulnya suatu konflik di masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang identitas masyarakat yang multikultur. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran multikulturalisme kepada masyarakat dapat dilakukan melalui sektor pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai generasi muda. Menerapkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik tidak hanya menjadi tugas guru melainkan juga tugas pemerintah. Pemerintah dapat menerbitkan buku pelajaran yang memuat nilai-nilai multikultural seperti pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2016 untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK yang disajikan dengan contoh-contoh teks multikultur/ beragam. Dari uraian tersebut peneliti melakukan penelitian untuk mencari temuan nilai-nilai multikultural yang terdapat pada buku. Permasalahan penelitian ini adalah 1) apa sajakah nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK, 2) bagaimanakah pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK, 2) pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis wacana kritis. Data utama penelitian berupa teks yang memuat nilai-nilai multikultural. Adapun data pendukung penelitian berupa gambar yang terdapat pada teks. Sumber data yang digunakan berbentuk dokumen yaitu buku Buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK kurikulum 2013 revisi 2016 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Analisis data menggunakan analisis wacana kritis Norma F dengan teknik dokumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK memuat 4 nilai-nilai multikultural yang meliputi nilai toleransi, nilai penghargaan terhadap budaya Indonesia, nilai semangat kebangsaan (nasionalisme), dan nilai kesetaraan atau kesederajatan. Pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK dapat dilihat dengan memerhatikan tema/judul, pernyataan dalam teks, gambar, dan proses produksi yang melibatkan pemerintah sebagai penerbit buku dan juga peserta didik sebagai konsumsi teks. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; 1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan untuk membaca hasil penelitian ini sebagai bahan diskusi dalam matakuliah analisis buku teks maupun pengembangan buku ajar, 2) guru Bahasa Indonesia SMA/MA dan SMK/MAK disarankan membaca hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk pengembangan bahan ajar dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam teks, 3) Penerbit buku pelajaran bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih contoh-contoh teks yang multikultur dan dapat bermanfaat bagi peserta didik., dan 4) Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih meluas mengenai multikultural dalam buku teks.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210402093;
dc.subjectKeberagamanen_US
dc.subjectkeunikan budayaen_US
dc.subjectRasen_US
dc.subjectsukuen_US
dc.subjectadat istiadaten_US
dc.subjectkepercayaanen_US
dc.subjectbudayaen_US
dc.titleNilai-Nilai Multikultural Dalam Teks Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Sma/Ma Dan Smk/Maken_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record