• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-Nilai Multikultural Dalam Teks Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Sma/Ma Dan Smk/Mak

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Puspitasari.pdf-.pdf (1.265Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    MEGA, Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberagaman dan keunikan budaya yang dimiliki Indonesia seperti ras, suku, adat istiadat dan kepercayaan menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya. Keberagaman tersebut seharusnya menjadi hal positif yang patut disyukuri masyarakat Indonesia. Akan tetapi, saat ini keberagaman sering dijadikan sebuah alasan sebagai pemicu timbulnya suatu konflik di masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang identitas masyarakat yang multikultur. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran multikulturalisme kepada masyarakat dapat dilakukan melalui sektor pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai generasi muda. Menerapkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik tidak hanya menjadi tugas guru melainkan juga tugas pemerintah. Pemerintah dapat menerbitkan buku pelajaran yang memuat nilai-nilai multikultural seperti pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2016 untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK yang disajikan dengan contoh-contoh teks multikultur/ beragam. Dari uraian tersebut peneliti melakukan penelitian untuk mencari temuan nilai-nilai multikultural yang terdapat pada buku. Permasalahan penelitian ini adalah 1) apa sajakah nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK, 2) bagaimanakah pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK, 2) pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis wacana kritis. Data utama penelitian berupa teks yang memuat nilai-nilai multikultural. Adapun data pendukung penelitian berupa gambar yang terdapat pada teks. Sumber data yang digunakan berbentuk dokumen yaitu buku Buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK kurikulum 2013 revisi 2016 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Analisis data menggunakan analisis wacana kritis Norma F dengan teknik dokumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK memuat 4 nilai-nilai multikultural yang meliputi nilai toleransi, nilai penghargaan terhadap budaya Indonesia, nilai semangat kebangsaan (nasionalisme), dan nilai kesetaraan atau kesederajatan. Pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK dapat dilihat dengan memerhatikan tema/judul, pernyataan dalam teks, gambar, dan proses produksi yang melibatkan pemerintah sebagai penerbit buku dan juga peserta didik sebagai konsumsi teks. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; 1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan untuk membaca hasil penelitian ini sebagai bahan diskusi dalam matakuliah analisis buku teks maupun pengembangan buku ajar, 2) guru Bahasa Indonesia SMA/MA dan SMK/MAK disarankan membaca hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk pengembangan bahan ajar dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam teks, 3) Penerbit buku pelajaran bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih contoh-contoh teks yang multikultur dan dapat bermanfaat bagi peserta didik., dan 4) Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih meluas mengenai multikultural dalam buku teks.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88712
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository