Pewarnaan Sisi R¡Dinamis Pada Graf Hasil Operasi Amalgamasi Titik Keluarga Graf Pohon Dan Kaitannya Dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Abstract
Topik yang dijadikan sebagai bahan kajian pada penelitian ini yaitu
pewarnaan graf, khususnya adalah pewarnaan r¡dinamis. Pewarnaan graf
adalah salah satu bentuk pelabelan pada graf dengan cara memberi warna yang
berbeda pada setiap elemen (titik/sisi/wilayah) yang bertetangga. Sedangkan
pewarnaan r¡dinamis adalah pewarnaan pada graf yang digunakan untuk
mencari bilangan kromatik paling minimum dari suatu pewarnaan graf dengan
parameter r. Pewarnaan r¡dinamis merupakan terdiri dari pewarnaan titik
r¡dinamis, pewarnaan sisi r¡dinamis dan pewarnaan total r¡dinamis. Pada
penelitian ini fokus pada pewarnaan sisi r¡dinamis. Pewarnaan sisi r¡dinamis
pada suatu graf G dide¯nisikan sebagai pemetaan c dari E(G) ke himpunan
warna sedemikian hingga memenuhi kondisi jika e1 = uv, e2 = vw 2 E(G),maka
c(e1) 6= c(e2), dan 8e1 = uv 2 E(G), jc(N(e1))j ¸ minfr; d(v) + d(u) ¡ 2g
dimana r 2 N. Graf yang digunakan dalam penelitian ini adalah graf hasil
amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu.
Penelitian ini menggunakan metode pendeteksian pola dan metode
deduktif aksiomatik dalam menentukan nilai kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis
yang dikaitkan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini
menghasilkan tiga teorema antara lain:
Teorema 1. Bilangan kromatik r¡dinamis dari graf G = amal(Sn; v;m), dimana m ¸ 2, n ¸ 3 yang memiliki derajat tertinggi ¢(G) adalah
Âr(G) =
8>>>>>>><
>>>>>>>:
¢(G); untuk r · ¢(G) ¡ 1
¢(G) + 1; untuk r = ¢(G)
¢(G) + 2; untuk r = ¢(G) + 1
¢(G) + t + 1; untuk r = ¢(G) + t; dan 2 · t · m + n ¡ ¢(G) ¡ 3
m + n ¡ 1; untuk r ¸ m + n ¡ 2:
Teorema 2. Bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis dari graf G = Bn
d ,
dimana n ¡ d ¸ 2, d ¸ 3 adalah
Âr(G) =
(
n ¡ d + 1; untuk r · n ¡ d
n ¡ d + 2; untuk r ¸ n ¡ d + 1:
Teorema 3. Bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis dari graf
G = amal(Bn
d ; v;m), dimana n ¸ 5, d ¸ 3, dan m ¸ 2 adalah
Âr(G) =
(
¢(G); untuk r · ¢(G) ¡ 1
¢(G) + 1; untuk r ¸ ¢(G):
Kaitan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi dan pewarnaan sisi
r¡dinamis yaitu mengingat (mengingat terminologi dasar graf, mende¯nisikan
operasi amalgamasi titik dan pewarnaan sisi r¡dinamis), memahami
(menjelaskan cara mengoperasikan graf yang diteliti yaitu graf bintang dan
graf sapu dengan operasi amalgamasi titik, memberi contoh graf hasil operasi
amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu, mendeteksi kardinalitas titik
dan sisi pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf
sapu), menerapkan (menerapkan pewarnaan sisi r¡dinamis pada masing-masing
graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu), menganalisis
(mengenali pola pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi
titik dari graf bintang dan graf sapu, memisahkan hasil pewarnaan sisi
r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf
sapu menjadi beberapa kasus), mengevaluasi (mengecek keoptimalan bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik
dari graf bintang dan graf sapu, mengevaluasi fungsi pewarnaan sisi r¡dinamis
pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu),
mencipta (menciptakan teorema baru dari pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf
hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu).
xi