• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pewarnaan Sisi R¡Dinamis Pada Graf Hasil Operasi Amalgamasi Titik Keluarga Graf Pohon Dan Kaitannya Dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

    Thumbnail
    View/Open
    LUSIA DEWI MINARTI FKIP MTK - 140210101051.pdf-.pdf (3.581Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    LUSIA, Dewi Minarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Topik yang dijadikan sebagai bahan kajian pada penelitian ini yaitu pewarnaan graf, khususnya adalah pewarnaan r¡dinamis. Pewarnaan graf adalah salah satu bentuk pelabelan pada graf dengan cara memberi warna yang berbeda pada setiap elemen (titik/sisi/wilayah) yang bertetangga. Sedangkan pewarnaan r¡dinamis adalah pewarnaan pada graf yang digunakan untuk mencari bilangan kromatik paling minimum dari suatu pewarnaan graf dengan parameter r. Pewarnaan r¡dinamis merupakan terdiri dari pewarnaan titik r¡dinamis, pewarnaan sisi r¡dinamis dan pewarnaan total r¡dinamis. Pada penelitian ini fokus pada pewarnaan sisi r¡dinamis. Pewarnaan sisi r¡dinamis pada suatu graf G dide¯nisikan sebagai pemetaan c dari E(G) ke himpunan warna sedemikian hingga memenuhi kondisi jika e1 = uv, e2 = vw 2 E(G),maka c(e1) 6= c(e2), dan 8e1 = uv 2 E(G), jc(N(e1))j ¸ minfr; d(v) + d(u) ¡ 2g dimana r 2 N. Graf yang digunakan dalam penelitian ini adalah graf hasil amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu. Penelitian ini menggunakan metode pendeteksian pola dan metode deduktif aksiomatik dalam menentukan nilai kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis yang dikaitkan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menghasilkan tiga teorema antara lain: Teorema 1. Bilangan kromatik r¡dinamis dari graf G = amal(Sn; v;m), dimana m ¸ 2, n ¸ 3 yang memiliki derajat tertinggi ¢(G) adalah Âr(G) = 8>>>>>>>< >>>>>>>: ¢(G); untuk r · ¢(G) ¡ 1 ¢(G) + 1; untuk r = ¢(G) ¢(G) + 2; untuk r = ¢(G) + 1 ¢(G) + t + 1; untuk r = ¢(G) + t; dan 2 · t · m + n ¡ ¢(G) ¡ 3 m + n ¡ 1; untuk r ¸ m + n ¡ 2: Teorema 2. Bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis dari graf G = Bn d , dimana n ¡ d ¸ 2, d ¸ 3 adalah Âr(G) = ( n ¡ d + 1; untuk r · n ¡ d n ¡ d + 2; untuk r ¸ n ¡ d + 1: Teorema 3. Bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis dari graf G = amal(Bn d ; v;m), dimana n ¸ 5, d ¸ 3, dan m ¸ 2 adalah Âr(G) = ( ¢(G); untuk r · ¢(G) ¡ 1 ¢(G) + 1; untuk r ¸ ¢(G): Kaitan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi dan pewarnaan sisi r¡dinamis yaitu mengingat (mengingat terminologi dasar graf, mende¯nisikan operasi amalgamasi titik dan pewarnaan sisi r¡dinamis), memahami (menjelaskan cara mengoperasikan graf yang diteliti yaitu graf bintang dan graf sapu dengan operasi amalgamasi titik, memberi contoh graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu, mendeteksi kardinalitas titik dan sisi pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu), menerapkan (menerapkan pewarnaan sisi r¡dinamis pada masing-masing graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu), menganalisis (mengenali pola pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu, memisahkan hasil pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu menjadi beberapa kasus), mengevaluasi (mengecek keoptimalan bilangan kromatik pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu, mengevaluasi fungsi pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu), mencipta (menciptakan teorema baru dari pewarnaan sisi r¡dinamis pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari graf bintang dan graf sapu). xi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88710
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository