• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Organisasi Muhammadiyah dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia Tahun 1912-1923

    Thumbnail
    View/Open
    FITRIA EKA IMSAWATI - 120210302033 - unej.pdf (4.236Mb)
    Date
    2018-11-29
    Author
    IMSAWATI, Fitria Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peranan Organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1912-1923 merupakan suatu usaha atau tindakan yang dilakukan oleh Muhammadiyah dengan menyelenggarakan pendidikan agama menggunakan sistem modern yang sesuai dengan tuntutan zaman. Pembaharuan pendidikan yang dilakukan Organisasi Muhammadiyah, karena adanya dualisme sistem pendidikan pada masa pemerintahan kolonial.yaitu: sistem pendidikan tradisonal dan sistem pendidikan Barat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia menjelang berdirinya organisasi Muhammadiyah? 2)Bagaimana usaha atau tindakan yang dilakukan organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1912-1923? 3)Bagaimana dampak pembaharuan pendidikan yang dilakukan organisasi Muhammadiyah bagi pendidikan masyarakat Indonesia?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Menganalisis sistem pendidikan di Indonesia menjelang berdirinya organisasi Muhammadiyah 2)Menganalisis usaha atau tindakan yang dilakukan organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1912-1923 3)Menganalisis dampak pembaharuan pendidikan yang dilakukan Organisasi Muhammadiyah bagi pendidikan masyarakat Indonesia.Manfaat dari penelitian ini adalah bagi civitas akademi Universitas Jember, dapat menambah ilmu pengetahuan tentang peranan Organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia Tahun 1912-1923 dan dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya, bagi calon guru sejarah, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber belajar dan sumber materi sejarah bangsa Indonesia dalam proses belajar mengajar, bagi almamater FKIP Universitas Jember, dapat memberi informasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan sebagai wujud dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang dilakukan melalui empat tahap yaitu; tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Kesimpulan yang dapat diambil dari garis besar penelitian ini adalah Kondisi pendidikan menjelang berdirinya Muhammadiyah terdapat dua sistem pendidikan yaitu; sistem pendidikan tradisional (pesantren) dan sistem pendidikan Barat (Belanda). Usaha atau tindakan yang dilakukan organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1912-1923 antara lain: Usaha atau tindakan yang dilakukan organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1912-1923 antara lain: a)prinsip dasar dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah yaitu humanis – religius. b) memadukan sistem pendidikan Barat dengan sistem pendidikan pesantren dalam pendidikan Muhammadiyah. Penyelenggaraan pengajaran Muhammadiyah mengambil unsur-unsur sistem pendidikan Barat dan sistem pendidikan tradisional. Sistem pengajaran menirukan sekolah model Barat, tetapi dalam pengajaran dimasukkan pelajaran agama. c)memperbaiki kurikulum pendidikan dalam pendidikan Muhammadiyah dengan enam pokok penting yang menyangkut Didaktik-metodik dan Policy Pengajaran yang terdiri dari enam pokok; 1) cara mengajar dan cara belajar, 2) bahan-bahan pelajaran, 3) rencana pelajaran, 4) pendidikan diluar waktu belajar, 5) pengasuh / guru, 6) hubungan guru dengan murid.Dampak pembaharuan pendidikan Muhammadiyah model integralistik, pendidikan yang menintegrasikan antara pendidikan agama Islam dengan pendidikan umum pada jenis dan tingkatan sekolah dan mengembangkan pendidikan konstektual melalui proses penyadaran. Pelaksanaan pendidikan Muhammadiyah melahirkan golongan modernis Islam antara lainK.H. Abdul Razzaq Fachruddin, Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) dan M. Rasjidi. Berdasarkan penelitian, saran yang dikemukakan penulis yaitu: bagi pembaca, sebagai bangsa yang besar harus menghargai jasa pahlawan, sebaiknya nilai-nilai perjuangan dapat kita ambil sebagai suri tauladan; bagi mashasiswa calon guru, dapat dijadikan sumber belajar yang mengkaji lebih dalam mengenai peranan Organisasi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88616
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository