Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan GOJek di Jember dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini terdapat aplikasi layanan
pemesanan ojek menggunakan teknologi dan memakai standar pelayanan.Salah
satu perusahaan transportasi yang berkembang di Indonesaia adalah GOJek.Variabel
eksogen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu harga
dan kualitas layanan. Loyalitas pelanggan dalam penelitian ini sebagai variabel
endogen sedangkan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Oleh karena
itu tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas
layanan terhadap loyalitas pelanggan GO-jek di Jember. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Sampel yang digunakan
adalah pelanggan GO-Jek di Jember yang sudah saya tentukan berdasar kriteria
dengan jumlah responden 105 orang.Metode analisis yang digunakan adalah
analisis jalur (path analysis).Hasil dari penelitian ini adalah harga berpengaruh
positif secara individu terhadap kepuasan konsumen, kulitas layanan berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan, kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan.