• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pendidikan di Jawa Pada Masa Pergerakan Nasional Tahun 1908-1928

    Thumbnail
    View/Open
    Rofiatul Nur Jannah - 120210302041_.pdf (2.955Mb)
    Date
    2018-11-22
    Author
    JANNAH, Rofiatul Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesimpulan yang dapat diambil dari garis besar penelitian ini adalah penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah mempunyai sifat dualisme pendidikan. Selain sifat dualisme, pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah juga bersifat gradualisme, konkordansi, kontrol sentral yang kuat, keterbatasan tujua, serta tidak adanya perencanaan pendidikan yang sistematis. Sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial Belanda yaitu pendidikan rendah (lager onderwijs), pendidikan menengah, pendidikan kejuruan (vakonderwijs), dan pendidikan tinggi (hooger onderwijs). Pendidikan rendah yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial Belanda berdampak pada kehidupan sosial budaya, ekonomi masyarakat pribumi, bahkan politik. Oleh sebab itulah pemuda Indonesia berupaya untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada dengan mendirikan sekolah-sekolah yang bersifat nasionalis. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dikemukakan penulis yaitu: (1) bagi calon pendidik sejarah dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang mengkaji secara mendalam tentang pendidikan di Jawa pada masa Pergerakan Nasional tahun 1908- 1928; (2) bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi baru bagi yang ingin melakukan penelitian mengenai pendidikan di Jawa pada masa Pergerakan Nasional tahun 1908-1928; serta (3) bagi masyarakat luas khususnya pemerintah, semoga tulisan ini menjadi pembelajaran bahwa pendidikan yang terjadi pada masa Pergerakan Nasional menjadi tonggak dalam memperbaiki pendidikan saat ini, sehingga tidak terjadi lagi dualisme pendidikan seperti pada masa Pergerakan Nasional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88388
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository