Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI, Edy
dc.contributor.advisorPUSPITANINGTYAS, Zarah
dc.contributor.authorWAHDIANA, Elvina
dc.date.accessioned2018-11-21T06:16:36Z
dc.date.available2018-11-21T06:16:36Z
dc.date.issued2018-11-21
dc.identifier.nim140910202031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88294
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri kecantikan yang semakin berkembang di Indonesia. Persaingan yang kompetitif menuntut Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk tetap dapat bersaing dalam memasarkan produknya. Pada kenyataannya, Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember kurang memaksimalkan promosi, namun tingkat penjualan meningkat tajam pada dua tahun terakhir. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ada faktor lain yang menyebabkan tingginya tingkat penjualan, yakni word of mouth. Berdasarkan fenomena dan beberapa penelitian terdahulu yang telah dipaparkan, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian assosiatif merupakan penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah word of mouth, sedangkan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember yang melakukan pembelian pada bulan Maret-April 2018 yang berjumlah 526 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang kemudian menghasilkan sampel sejumlah 84 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedatisitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis (uji t dan analisis koefisien determinasi). Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y= 13,430 + 0,480 X hasil analisis tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya jika kegiatan word of mouth semakin meningkat, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,480. Uji hipotesis menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember. Berpengaruh positif maksudnya adalah jika ada peningkatan pada word of mouth maka akan diikuti dengan peningkatan keputusan pembelian konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yakni 5,133 > 1,989 sehingga hasil uji t adalah H diterima. Sedangkan nilai signifikansi dari hasil uji t < 0,05, yakni 0,00. Maka berdasarkan dua dasar pengambilan keputusan, hasil dari uji t untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai adalah 0,243. Nilai inimenunjukkan bahwa word of mouth memberikan pengaruh terhadap keputusanpembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember sebesar 24,3%. Artinya 24,3% keputusan pembelian dipengaruhi oleh word of mouth dan sebesar 75,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPromosi Produken_US
dc.subjectKonsumenen_US
dc.subjectPembelianen_US
dc.subjectWord of Mouthen_US
dc.titlePengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record