Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri kecantikan yang
semakin berkembang di Indonesia. Persaingan yang kompetitif menuntut Kartika
Skin Care Beauty Clinique Jember untuk menerapkan strategi pemasaran yang
tepat untuk tetap dapat bersaing dalam memasarkan produknya. Pada
kenyataannya, Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember kurang memaksimalkan
promosi, namun tingkat penjualan meningkat tajam pada dua tahun terakhir.
Setelah ditelusuri lebih lanjut, ada faktor lain yang menyebabkan tingginya tingkat
penjualan, yakni word of mouth. Berdasarkan fenomena dan beberapa penelitian
terdahulu yang telah dipaparkan, maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian mengenai pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian
konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan
kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian
assosiatif merupakan penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua
variabel atau lebih. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah word of
mouth, sedangkan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kartika Skin Care Beauty Clinique
Jember yang melakukan pembelian pada bulan Maret-April 2018 yang berjumlah
526 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin
yang kemudian menghasilkan sampel sejumlah 84 responden. Analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
heteroskedatisitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis (uji t dan
analisis koefisien determinasi). Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y= 13,430 + 0,480 X hasil analisis tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya jika kegiatan word of mouth
semakin meningkat, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami kenaikan
sebesar 0,480.
Uji hipotesis menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique
Jember. Berpengaruh positif maksudnya adalah jika ada peningkatan pada word of
mouth maka akan diikuti dengan peningkatan keputusan pembelian konsumen.
Hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yakni 5,133 > 1,989 sehingga hasil
uji t adalah H diterima. Sedangkan nilai signifikansi dari hasil uji t < 0,05, yakni
0,00. Maka berdasarkan dua dasar pengambilan keputusan, hasil dari uji t untuk
menguji hipotesis penelitian ini adalah word of mouth berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen.Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai adalah 0,243. Nilai inimenunjukkan bahwa word of mouth memberikan pengaruh terhadap keputusanpembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember sebesar
24,3%. Artinya 24,3% keputusan pembelian dipengaruhi oleh word of mouth dan
sebesar 75,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.