• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ELVINA WAHDIANA-140910202031.pdf (2.629Mb)
    Date
    2018-11-21
    Author
    WAHDIANA, Elvina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri kecantikan yang semakin berkembang di Indonesia. Persaingan yang kompetitif menuntut Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk tetap dapat bersaing dalam memasarkan produknya. Pada kenyataannya, Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember kurang memaksimalkan promosi, namun tingkat penjualan meningkat tajam pada dua tahun terakhir. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ada faktor lain yang menyebabkan tingginya tingkat penjualan, yakni word of mouth. Berdasarkan fenomena dan beberapa penelitian terdahulu yang telah dipaparkan, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian assosiatif merupakan penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah word of mouth, sedangkan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember yang melakukan pembelian pada bulan Maret-April 2018 yang berjumlah 526 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang kemudian menghasilkan sampel sejumlah 84 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedatisitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis (uji t dan analisis koefisien determinasi). Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y= 13,430 + 0,480 X hasil analisis tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya jika kegiatan word of mouth semakin meningkat, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,480. Uji hipotesis menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember. Berpengaruh positif maksudnya adalah jika ada peningkatan pada word of mouth maka akan diikuti dengan peningkatan keputusan pembelian konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yakni 5,133 > 1,989 sehingga hasil uji t adalah H diterima. Sedangkan nilai signifikansi dari hasil uji t < 0,05, yakni 0,00. Maka berdasarkan dua dasar pengambilan keputusan, hasil dari uji t untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai adalah 0,243. Nilai inimenunjukkan bahwa word of mouth memberikan pengaruh terhadap keputusanpembelian konsumen pada Kartika Skin Care Beauty Clinique Jember sebesar 24,3%. Artinya 24,3% keputusan pembelian dipengaruhi oleh word of mouth dan sebesar 75,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88294
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5669]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository