• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Deret Aritmatika Dimensi Dua Berdasarkan Keterampilan 4c-p21

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Mukhlis-160220101020 Sdh.pdf (7.919Mb)
    Date
    2018-11-19
    Author
    Mukhlis, Mohammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu komponen dari kerangka keterampilan di abad 21. Kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting bagi siswa dalam mengkonstruk kemampuan siswa dan menemukan alternatif terbaik dalam mememcahkan masalah. Berkaitan dengan materi deret aritmatika dimensi dua, berpikir tingkat tinggi merupakan proses berpikir yang meliputi kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Untuk dapat mengaplikasikan deret aritmatika, menjastifikasi sebuah bentuk pola, serta mengeneralisasi dan membuat pola baru, siswa terlebih dahulu harus menguasai tingkatan awal dalam nerpikir yaitu mengingat, memahami, dan menerapkan baris deret aritmatika. Siswa tidak hanya sekedar menguasai tingkatan awal dalam berpikir tersebut, namun membutuhkan kemampuan berpikir kritis yang mumpuni untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang disajikan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dan bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI SMA. Penentuan subyek tersebut disesuaikn dengan topik kajian penelitian yaitu deret aritmatika. Dalam penelitian ini, subyek yang perlu dikontrol adalah tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah deret aritmatika dimensi dua. Pemilihan subyek penelitian ini dimulai dengan penetapan kelas dan konsltasi dengan guru pengampu mata pelajaran. Berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis berdasarkan HOTS P21 dikonsultasikan kepada guru pengampu mata pelajaran untuk mendapatkan informasi tentang subyek terkait kemampuan dalam mengemukakan pendapat secara lisan maupun tulisan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88121
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository