• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Media Film Dokumenter Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas XI Ips 1 MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Lebdo Wasito Aji-130210302005 Sdh.pdf (1.956Mb)
    Date
    2018-11-16
    Author
    Aji, Lebdo Wasito
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nasionalisme merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Nasionalisme merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman-ancaman ketahanan nasional sebagai dampak negatif globalisasi. Hilangnya nasionalisme pada peserta didik adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi ini. Pada saat ini rasa rasa nasionalisme sudah mulai terkikis dalam diri para peserta didik. Contoh realnya saja hampir disetiap jenjang sekolah, ketika dilaksanakan upacara bendera para peserta didik merasa malas dan tidak melaksanakannya dengan khidmat dan tertib. Apabila peserta didik sadar dan paham bagaimana perjuangan pahlawan ketika merebut negara Indonesia dari tangan penjajah maka para peserta didik akan mengikuti upacara dengan baik atas dorongan dalam dirinya bukan karena takut dihukum guru. Sekolah yang merupakan tempat belajar bagi peserta didik seharusnya dapat juga menjadi sarana untuk dapat meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik. Pendidik yang merupakan pengajar dan memberi ilmu bagi peserta didik seharusnya dapat mengintegrasikan pendidikan nasionalisme peserta didik. pendidik saat ini mengajar hanya menggunakan metode maupun media yang monoton dan tidak mengintegrasikan peningkatan sikap nasionalisme. Fakta di sekolah, berdasarkan hasil penelitian pra-siklus kondisi yang ada di kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember adalah Hasil dari kuesioner pra-siklus yaitu mempunyai persentase ketuntasan hanya 59% sikap nasionalisme yang dimiliki oleh peserta didik. Hasil dari kuesioner pada masing-masing indikator sikap nasionalisme sebagai berikut: (1) Cinta Tanah Air 67,1%; (2) Menghargai jasa-jasa pahlawan 60,7%; (3) Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara 61,1%; (4) Mengutamakan Persatuan dan kesatuan 58,6%; (5) Berjiwa pembaharu dan tidak kenal menyerah 55,7%; dan (6) Memiliki sikap tenggang rasa sesama manusia 56,9%. Jumlah hasil yang didapat masih dianggap kurang oleh peneliti. Berdasarkan kajian teori para ahli permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan media film dokumenter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88090
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository