Show simple item record

dc.contributor.advisorRijadi, Arief
dc.contributor.advisorPornomo, Bambang Edi
dc.contributor.authorMentari, Irlin Nor
dc.date.accessioned2018-11-15T01:08:18Z
dc.date.available2018-11-15T01:08:18Z
dc.date.issued2018-11-15
dc.identifier.nim140210402052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88041
dc.description.abstractKesantunan berbahasa merupakan wujud dari suatu tindakan yang dapat tercermin dalam tata cara komunikasi melalui tanda verbal dan non-verbal yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat pengguna bahasa. Kesantunan selalu dikaitkan dengan cara berkomunikasi yang dilihat dari segmen tutur serta konteks tutur saat peristiwa tutur berlangsung. Kesantunan berbahasa hadir dengan tujuan untuk mewujudkan komunikasi efektif dan membangun hubungan interpersonal dalam interaksi serta memperkecil potensi konflik. Belajar bahasa terkait dengan tindak santun berbahasa sebenarnya sudah diajarkan sejak dini dalam dunia pendidikan, mulai dari pendidikan pertama yakni dalam lingkungan keluarga yang kemudian dilanjutkan ke jenjang pendidikan formal. Belajar kesantunan sangat diperlukan dalam struktur kehidupan sosial dan masyarakat karena kesantunan merupakan wujud ekspresi hubungan sosial dan tindak verbal. Oleh sebab itu, dengan mempelajari kesantunan berbahasa akan dapat memperkecil ketegangan hubungan tiap-tiap individu yang muncul dari berbagai maksud komunikasi yang bertentangan dengan berbagai kebutuhan dan status sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa siswa terhadap guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri Ambulu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur siswa beserta konteksnya yang diindikasikan memuat pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang di dalamnya terdapat kegiatan merekam dan simak catat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRealisasi Kesantunan Berbahasaen_US
dc.titleRealisasi Kesantunan Berbahasa Siswa Terhadap Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di Sma Negeri Ambuluen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record