• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Dongeng terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak Kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Majdina Ulfa-140210205022_1.pdf (2.128Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    ULFA, Nur Majdina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seiring perkembangan jaman yang semakin maju keberadaan dongeng sebagai budaya tutur mulai ditinggalkan. Kurangnya kesadaran dari orang tua untuk membacakan dongeng sebelum tidur menjadi salah satu penyebab dongeng mulai ditinggalkan. Namun, kemajuan teknologi berdampak terhadap perkembangan dari dongeng tersebut. Dongeng yang pada awalnya hanya disampaikan melalui budaya tutur, disajikan dengan media yang lebih berkembang seperti media visual, audiovisual dan menggunakan berbagai macam media dalam penyampiannnya guna menarik perhatian dari pendengarnya. Selain itu, pendengar (anak-anak) akan lebih mudah menerima pesan yang disampiakan melalui dongeng tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran dongeng terhadap kemampuan berkomunikasi anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dongeng terhadap kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah dongeng yang diterapkan di Kelompok A TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Waktu pelaksanaan penelitian selama 3 minggu. Sumber data informan kunci yaitu dongeng dan informan pendukung anak, guru dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87967
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository