Peran Dongeng terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak Kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Seiring perkembangan jaman yang semakin maju keberadaan dongeng
sebagai budaya tutur mulai ditinggalkan. Kurangnya kesadaran dari orang tua untuk
membacakan dongeng sebelum tidur menjadi salah satu penyebab dongeng mulai
ditinggalkan. Namun, kemajuan teknologi berdampak terhadap perkembangan dari
dongeng tersebut. Dongeng yang pada awalnya hanya disampaikan melalui budaya
tutur, disajikan dengan media yang lebih berkembang seperti media visual,
audiovisual dan menggunakan berbagai macam media dalam penyampiannnya
guna menarik perhatian dari pendengarnya. Selain itu, pendengar (anak-anak) akan
lebih mudah menerima pesan yang disampiakan melalui dongeng tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran dongeng
terhadap kemampuan berkomunikasi anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dongeng
terhadap kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok A di TK Kartika IV-8
Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah dongeng yang diterapkan di Kelompok A TK Kartika IV-8 Secaba
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Waktu
pelaksanaan penelitian selama 3 minggu. Sumber data informan kunci yaitu
dongeng dan informan pendukung anak, guru dan kepala sekolah. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.