Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember
Abstract
Setiap perusahaan selalu menginginkan usahanya menjadi yang terbaik
dimata konsumen, dengan menjadi yang terbaik maka perusahaan dapat
memperoleh keuntungan. Keuntungan ini merupakan tujuan utama perusahaan
dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang
sebesar besarnya dengan cara membuat teknik penyampaian ide-ide tentang
produk yang ditawarkan atau rincian strategi. Alasan perusahaan harus memiliki
rincian strategi agar perusahaan tidak tertinggal jauh oleh pesaing dan
menyebabkan kerugian pada perusahaan dan konsumen termotivasi untuk
membeli produknya. Perusahaan yang berhasil dalam menjalankan strateginya
pasti akan diikuti oleh perusahaan lain yang sejenis.
Salah satu teknik penyampaian ide-ide tentang penjualan produk yang
dilakukan adalah dengan menggunakan bauran pemasaran. Bauran pemasaran
merupakan sebuah strategi pemasaran untuk menstimulus atau memberikan
rangsangan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk mengambil keputusan
pembelian terhadap suatu produk yang sudah dtawarkan oleh sebuah perusahaan.
Cara yang dapat merangsang konsumen yang dituju dengan konsep ini maka
mula-mula perusahaan harus dapat menawarkan barang atau jasa yang
dibutuhkan oleh konsumen (produk), perusahaan memutuskan biaya barang
atau jasa disesuaikan dengan keadaan konsumen yang menjadi sasaran
(harga), setelah itu dapat mengetahui bagaimana ketersediaan wilayah
konsumen tersebut mendapatkan barang atau jasa yang ditawakan (tempat).
Setelah memutuskan tiga hal tersebut maka perusahaan mulai merancang cara
untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen yang tujuan utamanya untuk
membujuk konsumen tentang barang atau jasa yang ditawarkan (promosi).