dc.description.abstract | Skripsi ini berkaitan dengan penggunaan worksheet scaffolds dalam model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran fisika siswa.
Dalam belajar fisika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Banyak faktor
yang mendasari hal tersebut terjadi, mulai dari strategi yang digunakan guru hanya
untuk pemecahan soal matematis semata, siswa hanya memiliki kemampuan
menyelesaikan masalah sederhana namun kurang memiliki kemampuan untuk
menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, pemahaman siswa yang lemah
tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, tidak cukup
motivasi dari diri siswa, ditambah materi fisika yang padat dan tidak kontekstual.
Jika guru tidak tepat dalam membelajarkan fisika pada siswa akibanya siswa akan
cenderung menghapal rumus saja tanpa tau makna fisis dibaliknya. Walhasil
berdampak pada menurunnya hasil belajar fisika siswa. Salah satu solusi yang bisa
digunakan adalah dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat
efektif mengatasi kesulitan serta mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa,
yaitu menggunakan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1)
mengkaji pengaruh penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN
Kalisat Jember. (2) mengetahui respon siswa SMAN Kalisat Jember terhadap
penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL).
Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA
Negeri Kalisat. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, jumlah
populasi kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan di ambil 2 kelas sebagi kelas
ekspeerimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cluster random sampling. | en_US |