Show simple item record

dc.contributor.advisorPrastowo, Sri Handono Budi
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorAmiruddin, Muhammad
dc.date.accessioned2018-11-13T02:54:24Z
dc.date.available2018-11-13T02:54:24Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.nimNIM140210102068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87948
dc.description.abstractSkripsi ini berkaitan dengan penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran fisika siswa. Dalam belajar fisika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Banyak faktor yang mendasari hal tersebut terjadi, mulai dari strategi yang digunakan guru hanya untuk pemecahan soal matematis semata, siswa hanya memiliki kemampuan menyelesaikan masalah sederhana namun kurang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, pemahaman siswa yang lemah tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, tidak cukup motivasi dari diri siswa, ditambah materi fisika yang padat dan tidak kontekstual. Jika guru tidak tepat dalam membelajarkan fisika pada siswa akibanya siswa akan cenderung menghapal rumus saja tanpa tau makna fisis dibaliknya. Walhasil berdampak pada menurunnya hasil belajar fisika siswa. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat efektif mengatasi kesulitan serta mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa, yaitu menggunakan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN Kalisat Jember. (2) mengetahui respon siswa SMAN Kalisat Jember terhadap penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Kalisat. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, jumlah populasi kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan di ambil 2 kelas sebagi kelas ekspeerimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cluster random sampling.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102068;
dc.subjectWorksheet Scaffoldsen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Worksheet Scaffolds dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAN Kalisat Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record