• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Worksheet Scaffolds dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAN Kalisat Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Amiruddin - 140210102068_1.pdf (9.148Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    Amiruddin, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini berkaitan dengan penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran fisika siswa. Dalam belajar fisika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Banyak faktor yang mendasari hal tersebut terjadi, mulai dari strategi yang digunakan guru hanya untuk pemecahan soal matematis semata, siswa hanya memiliki kemampuan menyelesaikan masalah sederhana namun kurang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, pemahaman siswa yang lemah tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, tidak cukup motivasi dari diri siswa, ditambah materi fisika yang padat dan tidak kontekstual. Jika guru tidak tepat dalam membelajarkan fisika pada siswa akibanya siswa akan cenderung menghapal rumus saja tanpa tau makna fisis dibaliknya. Walhasil berdampak pada menurunnya hasil belajar fisika siswa. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat efektif mengatasi kesulitan serta mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa, yaitu menggunakan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN Kalisat Jember. (2) mengetahui respon siswa SMAN Kalisat Jember terhadap penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Kalisat. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, jumlah populasi kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan di ambil 2 kelas sebagi kelas ekspeerimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cluster random sampling.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87948
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository