• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Keterampilan Menuliskan Kembali Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii G Di SMPN 7 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Arditya Intan SaraswatiI Sulmi-130210402012 Sdh.pdf (2.004Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    Saraswati, Arditya Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis teks. Salah satu teks yang diajarkan adalah teks cerita fabel. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai pada pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 dan termasuk dalam aspek psikomotor. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran, tetapi juga dapat mensiasati pembelajaran menjadi kegiatan yang menarik sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diserap dan kemampuan menulis siswa dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga kemampuan menulis teks cerita fabel siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan yaitu dengan metode mind mapping. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menuliskan kembali teks cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7 Jember (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menuliskan kembali teks cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7 Jember setelah penerapan metode mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan peningkatan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7 Jember setelah diterapkan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan model skema penelitian menurut Arikunto.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87931
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository