Meningkatkan Keterampilan Menuliskan Kembali Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii G Di SMPN 7 Jember
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah
pembelajaran berbasis teks. Salah satu teks yang diajarkan adalah teks cerita fabel.
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai pada
pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 dan termasuk dalam aspek
psikomotor. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, guru tidak hanya dituntut
untuk menguasai materi pembelajaran, tetapi juga dapat mensiasati pembelajaran
menjadi kegiatan yang menarik sehingga materi yang disampaikan lebih mudah
diserap dan kemampuan menulis siswa dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam
penelitian ini dilakukan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran
untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga kemampuan menulis
teks cerita fabel siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan yaitu dengan
metode mind mapping. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1)
Bagaimanakah penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan
keterampilan menuliskan kembali teks cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7
Jember (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menuliskan kembali teks
cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7 Jember setelah penerapan metode mind
mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan peningkatan
keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII G SMPN 7 Jember setelah
diterapkan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan model skema
penelitian menurut Arikunto.