• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGA TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SISWA KELAS X APK 1 SEMESTER GANJIL SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dewi Mustika Sari_001.pdf (193.2Kb)
    Date
    2013-09-04
    Author
    Dewi Mustika Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi di lapangan, Guru matematika kelas X SMK Muhammadyah 1 Genteng menjelaskan keadaan siswa kelas X APK 1, dan diketahui bahwa 1) ketuntasan hasil belajar siswanya masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini ditunjukkan oleh nilai ulangan harian sebelumnya kelas X APK 1, dimana dari 39 siswa, sebanyak 17 siswa (43,59%) dinyatakan tuntas belajar dan mendapat nilai ≥ 65, sedangkan 22 siswa lainnya (56,41%) dinyatakan tidak tuntas karena mendapat nilai ≤ 65. Hal ini berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam mengikuti pembelajaran, yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 65; 2) rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas X APK 1, hal ini dapat terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya pasif mendengarkan penjelasan guru dan menyalin apa yang tertulis di papan tulis saja. Salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping. Tujuan yang ingin dicapai pada penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping adalah: mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tenik mind mapping, mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping, serta mengetahui ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 1 Genteng yang berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diambil meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Data tersebut diambil pada saat pembelajaran berlangsung, yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Analisis pengambilan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran secara klasikal untuk siklus I sebesar 62,56%, 70,86% dan 73,93%. Sedangkan pada siklus II sebesar 77,25%, 87,42% dan 84,83%. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar siswa masih belum mencapai standar yang ditentukan dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan dalam kerja kelompok serta ketepatan dalam mengerjakan soal dan membuat catatan dengan menggunakan teknik mind mapping. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh sebesar 87,18%. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping mampu meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 1 Genteng. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping sebaiknya dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas pada saat pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier, tetapi harus dipilih materi yang sesuai agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/879
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository