Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Menurut Katagori Watson pada Siswa Kelas VA SDN Tegal Gede 01 Jember
Abstract
Pembelajaran matematika berfokus pada memecahkan soal dalam suatu
permasalahan. Siswa belum tentu dapat menyelesaikan semua soal matematika
dengan benar dan tepat. Hal tersebut disebabkan karena siswa mengalami
kesulitan yang pada akhirnya menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan
dalam mengerjakan soal matematika. Masalah matematika sering muncul dalam
bentuk soal cerita. Berbagai kesalahan yang telah dilakukan oleh siswa dapat
diidentifikasi dan dicari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan mencari
solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh
guru adalah menganalisis permasalahan tersebut secara mendetail agar kesalahan
dan faktor penyebabnya dapat diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menelaah berapa persentase masing-masing jenis kesalahan siswa kelas VA SDN
Tegal Gede 01 dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan menurut
kategori Watson. Penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah faktor penyebab
masing-masing jenis kesalahan siswa kelas VA SDN Tegal Gede 01 Jember
dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan.