Upaya Peningkatan Kompetensi Karyawan Departemen Food and Beverage Pada Hotel Bintang Mulia & Resto Jember
Abstract
Hotel Bintang Mulia & Resto merupakan salah satu perusahaan
perseorangan yang bergerak dibidang usaha akomodasi sejak tahun 2007, terletak
di Jl.Nusantara No 18 Jember. Bintang Mulia Hotel & Resto dalam kegiatannya
memberikan jasa penginapan bagi para tamu hotel yang ingin menginap, oleh
karenanya perusahaan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada
setiap pelanggan. Sumber daya manusia menjadi asset yang penting bagi
perusahaan khususnya hotel, keberadaan karyawan sebagai salah satu sumber
daya perusahaan perlu diperhatikan dan dikembangkan melalui upaya peningkatan
kompetensi. Dengan memiliki kompetensi keahlian karyawan memiliki daya saing
dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan yang dinamis. Hal tersebut
penting mengingat persaingan usaha akomodasi di Jember semakin kompetitif,
kemunculan hotel-hotel baru dari waktu ke waktu di Jember menciptakan
persaingan dan memberikan dampaknya terhadap keberadaan hotel-hotel yang
telah ada sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang didasarkan pada
paradigma kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan
kompetensi karyawan departemen food and beverage pada Hotel Bintang Mulia &
Resto Jember. Penentuan informan kunci dalam penelitian ini ditentukan secara
purposive berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Proses pengumpulan
data dibagi menjadi dua yaitu: pengumpulan data primer dan sekunder.
Pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi kepada obyek
penelitian. Pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan interactive model data analysis melalui proses reduksi data,penyajian data menggunakan matriks, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan informan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Hotel Bintang Mulia & Resto Jember
telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kompetensi karyawannya,
khususnya karyawan departemen food and beverage. Upaya tersebut berupa
kegitan pembinaan karyawan dan pelatihan-pelatihan yang diadakan di dalam
perusahaan maupun yang diikutkan di luar perusahaan. Adapun bentuk kegiatan
pembinaan karyawan seperti briefing yang dilaksanakan setiap hari pada waktu
pergantian shift karyawan oleh manajer fungsional ataupun supervisor. Sedangkan
bentuk pelatihan yang diadakan didalam dan diluar perusahaan seperti coaching
bagi waiter/waitress, demo masak bagi staf jurumasak/cook. Waktu pelaksanaan
pelatihan yang diadakan perusahaan dilakukan setiap tiga bulan sekali atau pada
saat low season hotel, bertempat di Hotel Bintang Mulia sedangkan pelatihan
yang diikutkan karyawan diluar perusahaan dilaksanakan sekali dalam setahun
diselenggarakan oleh lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan Hotel Bintang
Mulia. Manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan pelatihan dan pembinaan bagi
karyawan departemen food and beverage yaitu meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan karyawan dalam bidang pekerjaanya khususnya pelayan
(waiter/waitress) dan staff jurumasak (cook) yang berkaitan dengan bidang tugas
pengolahan dan penyajian makanan minuman di restoran. Selanjutnya hasil dari
peningkatan kompetensi karyawan terhadap pelayanan yaitu meningkatkan
kepuasan pelanggan terhadap produk makanan dan minuman dan layanan di
restoran hotel.